May 7, 2021

Tips Parenting Cara Menstimulasi Intelektual Anak dengan Musik

Banyak ahli berpendapat bahwa menstimulasi anak dapat dilakukan sejak di dini sejak berada di dalam kandungan. Tak banyak juga ibu hamil yang menyanyi agar janin dalam kandungannya ikut mendengarkan. Mereka percaya bahwa hal ini dapat membuat otak bayi terstimulasi dengan baik. Berikut merupakan beberapa tips parenting menstimulasi intelektual anak dengan musik.

Manfaat Musik Klasik

Musik yang paling cocok didengarkan oleh bayi adalah musik klasik. Mengapa? Pasalnya pada umumnya musik klasik mampu memberikan ketenangan. Meskipun tergolong dalam musik yang berat, namun nada yang dimainkan dalam musik lasik cenderung berubah-ubah. Hal inilah yang menjadi keunikan tersendiri pada musik klasik.

Manfaat Musik Bagi Janin

Tidak membutuhkan waktu yang lama bagi ibu hamil untuk mendengarkan musik bagi janinnya. Anda hanya perlu waktu kurang lebih 10 menit hingga 15 menit saja. Janin dalam kandungan juga akan ikut bereaksi. Bayi akan bergerak secara spontan sehingga kecerdasan motoriknya juga ikut terstimulasi. Bahkan gerakan yang lemah sekalipun membantu membentuk kekuatan otot anak.

Pada umumnya tempo musiknya juga cenderung lebih teratur. Meski terkadang ada perubahan tempo, namun hal ini tidak akan mengurangi keindahan melodinya. Hal ini akan membatu anak untuk mengatur artikulasi suara yang ada. Jadi kelak janin dalam kandungan ini memiliki kemampuan berbicara yang lebih jelas. Sebab musik mampu menstimulasi kecerdasan verbal bayi.

Tak hanya itu saja. variasi musik, irama, dan melodi juga akan memberikan efek yang menentramkan. Dalam hal ini kekreatifan anak akan lebih berkembang saat suasana hati mereka berada dalam tempat yang tenang dan damai. Dalam keadaan yang seperti ini maka kekreatifitasan anak akan terstimulasi terutama kekreatifan anak dalam bermusik.

Jika sejak dalam kandungan bayi sudah diperdengarkan musik, maka tentu saja seni musik bukanlah hal yang asing lagi baginya. Tips parenting ini juga akan membuat si kecil lebih mudah untuk menguasai ketetapan nada dalam bernyanyi. Jadi pastikan si kecil rutin mendengarkan lagu agar kecerdasan otaknya juga ikut terstimulasi.

Anda Bernyanyi untuk Sang Bayi

Meski Anda memiliki suara yang kurang bagus dan fals, tetaplah semangat untuk menyanyikan lagu selama masa kehamilan. Pasalnya bagaimanapun suara Anda, suara ibu merupakan suara terindah bagi snag janin. Jadi pastikan Anda rutin bernyanyi untuk bayi dalam kandungan agar kecerdasan otaknya ikut terstimulasi ya.

Bernyanyilah kapan saja dan dimana saja demi meningkatkan kecerdasan sang buah hati yang masih berada di dalam kandungan. Tak hanya akan mencerdaskan bayi saja, bernyanyi juga dapat membuat ibu hamil menjadi lebih rileks dan merasakan kedamaian.

Nah di atas merupakan beberapa cara menstimulasi intelektual anak dengan musik sejak dalam kandungan. Pastikan Anda melakukan tips parenting di atas agar sang buah hati dapat cerdas sejak dalam kandungan. Tak hanya itu saja Anda juga bisa mendapatkan tips menarik lainnya seputar parenting dengan mengunjungi orami.co.id.