June 4, 2020

Tingkatan Stress yang Harus Kamu Tahu

Aktivitas yang kita lakukan selalu menimbulkan stress dalam hidup. Kamu perlu mengetahui stress-stress apa saja yang dapat terjadi sehingga kamu bisa meminimalisasirkan stress. Berikut adalah tingkatan stress yang harus kamu ketahui.
1. Stress Normal
Stress normal adalah bagian alamiah dari kehidupan pada manusia. Contoh dari stress normal adalah lelah setelah mengerjakan tugas berlebih, takut nilai jelek setelah mengerjakan ujian dan merasakan detak jantung yang berlebihan setelah melakukan aktivitas fisik.
2. Stress Ringan
Stress ringan merupakan stress yang dihadapi oleh manusia yang hanya berlangsung selama beberapa menit atau jam saja. Contoh dari stress ringan adalah stress terhadap macet. Stress ringan ini dapat menimbulkan gejala ringan seperti berkeringat, takut tanpa ada alasan yang jelas, lemas, dan ketika masalah sudah selesai maka gejala ini akan hilang.
3. Stress Sedang
Stress sedang adalah stress ang berlangsung berjam-jam hingga beberapa hari kedepan. Misalnya adalah ketika kita memiliki konflik dengan orang lain. Gejala dari stress sedang adalah sulit mengotrol emosi yang akibatnya akan mudah marah.
4. Stress Berat
Stress ini dapat terjadi selama beberapa hari atau minggu. Contoh dari stress berat adalah ketika kita memiliki masalah dengan orang lain tanpa adanya penyelesaian dan terjadi hingga berlarut-larut. Stress ini dapat mengakibatkan seseorang merasa tidak ada hal yang dapat diharapkan di masa depan.
5. Stress sangat berat
Stress sangat berat adalah stress yang terjadi hingga berbulan bulan bahkan dalam kurun waktu yang tidak dapat terkira. Biasanya seseorang yang mengalami stress berat ia akan mengurung diri karena hilangnya motivasi dalam hidupnya dan bisa jadi seseorang ini akan mengalami depresi kedepannya.
Ini adalah tingkatan stress yang dapat terjadi dalam hidup kamu. Jika salah satu stress diatas terjadi kepada kamu, jangan takut untuk menhadapinya dan segeralah mencari penanganan ya.