November 28, 2020

Simak Tips Jeli Memilih Keramik untuk Kamar Mandi

Material keramik seringkali digunakan dalam koleksi kamar mandi mewah. Baik itu sebagai penutup lantai, maupun untuk dinding kamar mandi. Mengapa memilih keramik?

Keramik dikenal dengan kekuatannya, tahan lama, dan mudah dibersihkan. Selain itu, keramik juga tersedia dalam berbagai warna, bentuk, dan ukuran. Ragam motif dan corak ini dapat membuat kamar mandi Anda menjadi lebih menarik dan atraktif. Tak heran, kan, keramik kerap hadir pada koleksi kamar mandi modern kekinian.

Dengan banyak kelebihan yang dimiliki, memilih keramik ini pun tidak bisa sembarangan. Karena jika salah pilih dan terlanjur dipasang, mencopotnya lagi tentu memakan waktu dan biaya. Maka dari itu, kami akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda simak untuk memilih dan memasang keramik di kamar mandi seperti berikut.

Perhatikan tema dan besar anggaran

Sebelum mulai membangun, ada baiknya Anda menyesuaikan anggaran dan tema yang ingin dibuat terlebih dahulu. Pertimbangkan juga kualitas yang didapatkan. Pilihlah material yang berkualitas tinggi agar daya tahan dan kekuatannya terjamin. Tapi tandanya Anda harus siap dengan anggaran yang cukup besar. Selain itu, ukurlah luas kamar mandi dengan teliti. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jumlah keramik yang dibutuhkan.

Pilih jenis keramik

Terdapat banyak sekali jenis keramik di pasaran. Mulai dari ubin, porselen, dan bahan batuan. Untuk bahan batuan, biasanya dari batu kapur dan marmer. Bahan batuan itu sudah ditambahkan pelapis, jadi Anda tidak perlu khawatir akan terjadi rembes atau bocor. Pilihlah jenis keramik yang memiliki permukaan bertekstur agar tidak licin. Sedangkan untuk dinding, pilih keramik dengan tampilan glossy agar mudah dibersihkan dari sisa sabun dan jamur.

Pilih warna dan motif

Variasi warna dan motif pada keramik memungkinkan Anda untuk membuat berbagai dekorasi pada kamar mandi. Warna bisa membentuk nuansa, sedangkan motif dapat memperkuat tema yang diusung. Untuk kamar mandi berukuran mungil, pilihlah warna cerah agar terlihat lebih lapang. Sedangkan untuk motif, Anda bisa mencoba keramik dengan gambar serat kayu agar kesan alami hadir di dalam kamar mandi.