October 26, 2020

Merawat Luka Bakar Ringan

Image result for luka bakar

Berikut merupakan cara membalut luka bakar yang dapat Anda lakukan untuk merawat luka bakar ringan (tingkat satu dan dua).

Pertolongan pada luka yang pertama, mengguyur atau menyiram area tubuh yang mengalami luka bakar dengan air selama 10-30 menit atau sampai rasa sakitnya mereda. Setelah ini akan mencegah kerusakan kulit semakin meluas (mencegah luka bakar semakin ke dalam). Ingat bahwa jangan menerapkan air es karena perubahan temperatur yang drastis seperti dari panas ke dingin dapat memperparah kerusakan di sekitar luka bakar dan menghambat proses penyembuhan. Gunakan pendinginan dengan air biasa, kemudian lanjutkan untuk membersihkan luka bakar. Anda bisa menggunakan sabun antiseptik untuk mensterilkan luka dan mencegah infeksi. Catatan bahwa jangna memecahkan komponen kulit yang melepuh di kala Anda membersihkannya, sebab gelembung dari kulit yang melepuh tersebut sebenarnya melindungi kulit Anda dari infeksi. Jagalah kulit yang melepuh ini supaya tidak pecah dan mengeluarkan cairannya, karena tubuh Anda kerap menuntaskan gelembung ini dengan sendirinya.

Kedua, gunakan salep khusus luka bakar dan antibiotik supaya luka bakar yang terbuka tidak mudah terinfeksi. Salep antibiotik tidak dibutuhkan ketika gelembung kulit pada luka bakar belum pecah. Tetapi apabila sudah pecah dan luka bakar terbuka, gunakan antibiotik sesudah Anda selesai membersihkan luka bakar. Atau Anda bisa mengaplikasikan salep khusus luka bakar untuk meredakan nyeri pada luka bakar.

Ketiga, berikan obat pereda rasa sakit supaya nyeri yang disebabkan luka bakar berkurang. Cara ini diperlukan apabila Anda merasa sakit atau nyeri pada bagian luka bakar. Apabila rasa sakit tidak kunjung berkurang setelah mengkonsumsi obat pereda rasa sakit, segera kunjungi dokter.

Keempat, gunakan perban steril untuk membalut dan merawat luka bakar agar terhindar dari infeksi. Balut luka dengan kain kasa secara perlahan dan rekatkan dengan plester medis seperti Hansaplast. Jangan lupa untuk mengganti kain kasa setiap hari agar kebersihannya tetap terjaga. Jangan pula memasangkan kain kasa ke bagian tubuh secara segera ke luka sebelum luka terbuka tersebut diberikan lapisan krim atau salep.