November 28, 2020

FUNGSI LISTRIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Energi listrik sangatlah penting di dunia serba canggih dan modern saat ini, salah satunya yang jelas sekali terlihat manfaatnya untuk penerangan saat malam hari. Saat perusahaan penyedia jasa layanan listrik memadamkan listrik banyak diantara kita mengeluh sehingga kita tidak bisa mengecas atau mencatu daya untuk perangkat elektronik, apalagi pengusaha dan pabrik-pabrik yang sangat membutuhkan supply daya listrik untuk kelangsungan produksinya, banyak dari mereka mengeluh rugi karena sering terjadi pemadaman listrik. Dengan tagihan listrik yang tinggipun tentu membuat banyak pikiran bukan, hal itu bisa kamu atasi dengan menggunakan Alat listrik hemat energi dengan cara menggunjungi PT Sewatama . Ada beberapa fungsi energi listrik pada umumnya seperti berikut :

Sebagai Penerangan (Cahaya)

Karena adanya siang dan malam aktivitas manusia di bumi tidak selamanya disinari oleh cahaya matahari, oleh sebab itu manusia memanfaatkan energi listrik dengan merubah nya menjadi sumber cahaya. Alat yang digunakan untuk merubah energi listrik menjadi energi cahaya adalah lampu

Sebagai Pemanas

Ada berbagai macam kehidupan manusia, yang membutuhkan suhu tinggi misalkan untuk mengawetkan makanan. makanan memiliki jangka kelayakan untuk dikonsumsi, supaya suatu makanan dapat bertahan melebihi jangka kelayakan nya perlu dilakukan pengawetan. Terdapat berbagai macam jenis pengawetan makanan, yang akan dibahas adalah pemanasan. Untuk mengawetkan suatu bahan makanan manusia perlu menaikkan suhunya sampai 100oC atau lebih, maka memerlukan alat berupa kompor listrik. Tidak hanya mengawetkan makanan energi panas juga dibutuhkan oleh manusia untuk melakukan penyambungan pada suatu rangkaian elektronika menggunakan alat berupa solder listrik. namun pemanas lebih banyak diterapkan pada alat rumah tangga contohnya : kompor listrik, microwave, pemanggang roti, penanak nasi, dan lain sebagainya. Berbagai macam alat-alat tersebut memerlukan komponen utama untuk merubah energi listrik menjadi energi panas dengan menggunakan elemen pemanas.

Sebagai Penggerak

Mahluk ciptaan Tuhan termasuk manusia tentunya memiliki berbagai macam batasan. Misalkan untuk mengambil air dari suatu sumur manusia dapat mengambil 40 liter tiap 20 menit. maka dalam waktu 1 jam manusia tersebut dapat mengambil air sebanyak 120 liter jika manusia tersebut tidak mengalami penurunan kecepatan dalam mengambil air pada sumur tersebut akibat kelelahan. ketika manusia tersebut telah sampai pada batas nya maka pekerjaan akan berhenti. Oleh sebab itu manusia memanfaatkan energi listrik untuk menggerakkan motor pada pompa air, sehingga pekerjaan mengambil air pada sumur tersebut menjadi lebih ringan, cepat, dan efisien.

Tidak hanya mengambil air dari sumur, berbagi macam pemanfaatan energi listrik sebagai energi gerak dapat juga diaplikasikan untuk penggerak kipas angin, penggerak alat rumah tangga, penggerak kendaraan bermotor, bahkan digunakan sebagai penggerak mesin produksi di pabrik-pabrik, dan lain sebagainya. Alat yang digunakan untuk merubah energi listrik menjadi energi gerak adalah motor listrik, output dari motor listrik dihubungkan dengan beban yang akan digerakkan.