August 11, 2020

Beginilah Pengobatan Untuk Jantung Lemah

Sejumlah pakar kesehatan menyarankan untuk rutin melakukan olahraga minimal 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu, sehingga olahraga menjadi salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi jantung lemah yang efektif. Selain bisa menguatkan jantung, olahraga juga bisa membantu untuk menyehatkan kondisi psikis Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga disarankan karena baik untuk jantung lemah yaitu, aerobik, joging, dan berenang. Akan tetapi ada beberapa olahraga yang harus kalian hindari untuk dilakukan, yaitu diantaranya olahraga ekstrem seperti beberapa macam jenis fitnes dan panjat tebing. Maka dari itu, sebaiknya kalian tentukan dulu olahraga yang kalian pilih, lalu sesuaikan berapa lama anda akan melakukan olahraga tersebut dan semakin hari semakin berkembang..Selain olahraga, Jantung lemah memiliki beberapa pilihan pengobatan tergantung dari gejala serta jenis penyakit yang dialami. Fokus pengobatan penyakit jantung lemah adalah untuk mengendalikan gejala dan mencegah terjadinya komplikasi.

Berikut adalah cara mengobati jantung lemah, antara lain:

Transplantasi jantung
Prosedur ini adalah pilihan pengobatan terakhir yang diambil ketika semua cara mengobati jantung lemah tidak efektif atau sudah pada kondisi gagal jantung tahap akhir.

Ventricular assist devices (VAD)
VAD merupakan alat yang dipasang pada tubuh dan digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam jantung. Alat ini dapat digunakan dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Misalnya, digunakan selama pasien menunggu proses transplantasi jantung atau saat prosedur lain tidak memberikan hasil yang memuaskan.

Obat tekanan darah tinggi
Obat untuk tekanan darah tinggi (ACEIs, ARBs, beta-blockers, diuretik atau CCB, etc.), mencegah retensi air (diuretik), menjaga detak jantung normal, mencegah pembekuan darah (aspirin dan clopidogrel), dan mengurangi peradangan.