November 28, 2020

Beberapa Cara Mengatasi Kembung Pada Bayi

cara-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi

Kembung adalah salah satu gangguan pencernaan yang umum dialami baik oleh orang dewasa dan juga bayi. Ketika kembung pada orang dewasa tidak akan menimbulkan banyak sekali gangguan. Namun jika gangguan pencernaan yang terjadi pada bayi maka biasanya bayi akan menjadi sangat rewel. Sehingga para orang tua akan mencari cara mengatasi kembung pada bayi agar bayi tidak menjadi rewel lagi. Sebab bayi belum bisa mengungkapkan perasaan tidak nyamannya pada orang yang ada disekitarnya. Oleh karena itu tidak heran jika bayi yang kembung akan menjadi sangat rewel. Tanda perut bayi kembung adalah ketika di ketuk akan berbunyi. Gangguan kembung ini karena adanya gas pada saluran pencernaan bayi.

Cara mengatasi kembung pada bayi dengan keluhan ringan dapat dilakukan dengan cara membuatnya bersendawa dan juga membuatnya kentut. Caranya sangat mudah yaitu dengan membuatnya kembali aktif bergerak dan membuatnya bersendawa. Ada beberapa penyebab kembung pada bayi. Antara lain teknik menyusui yang kurang tepat, makanan dan minuman yang terlalu banyak, dan juga pencernaan yang belum mapan. Sehingga para ibu harua bijaksana untuk mengetahui penyebab yang menyebabkan kembung dan juga gangguan pencernaan pada bayi yang akan membuat bayi menjadi sangat rewel. Sebab kembung itu adalah kondisi pencernaan yang sangat tidak nyaman bagi bayi. Gas pada perut akan membuat perut bayi menjadi buncit. Bayi yang masih menyusui pada ibunya masih sangat rentan terkena beberapa gangguan yang akan membuatnya tidak nyaman. Posisi dan kondisi organ pencernaan bayi yang belum sempurna jika posisi ibu menyusui kurang tepat akan membuat udara akan masuk ke perut bayi dan akan membuat perut bayi menjadi kembung.

Ada beberapa cara mengatasi kembung pada bayi secara alami sangat mudah yaitu jika bayi masih menyusui, sebaiknya ibu memeriksa posisi ibu menyusui bayi. Sebab posisi yang salah akan membuat bayi menjadi kembung. Posisikan bayi pada posisi menyusui yang tepat dengan cara menempatkan mulut bayi pada posisi yang tepat ketika menyusui. Jangan sampai biarkan udara akan bisa masuk ke dalam pencernaan bayi Anda sehingga membuat bayi tidak nyaman. Cara kedua adalah sendawakan bayi. Saat ibu selesai menyusui bayi, sebaiknya ibu mensendawakan bayi agar udara yang masuk ke perut bayi keluar. Nah jika perut bayi terus membesar sebaiknya ibu segera periksakan bayi ke dokter.