August 11, 2020

5 Tips Alokasi Dana untuk Budget Traveler

TRAVEL

(Foto: Pexels)

Setiap akan melakukan perjalanan, hal pertama yang wajib kita lakukan adalah perencanaan alokasi dana. Perencanaan ini berguna ketika kita ingin mengumpulkan sejumlah uang selama traveling. Jadi ada semacam perkiraan berapa banyak dana yang dibutuhkan. Ini tentu juga harus dilakukan agar selama liburan dompet tetap terkontrol. Meskipun nantinya kita berencana akan membawa kartu kredit, dengan alokasi dana kita akan dengan mudah menahan pemakaiannya.

Jadi, sepulangnya dari liburan kita tidak akan dihadapkan pada hutang yang menumpuk untuk membayar dana traveling. Ngga mau kan pulang traveling bukannya senang tapi malah tambah stres akibat hutang?

Selama berlibur, prinsip seorang budget traveler adalah pengalaman maksimal, pengeluaran minimal. Jangan sampai di tengah perjalanan sudah kehabisan uang. Kejadian seperti itu adalah bencana bagi traveler manapun. Apalagi jika kita termasuk orang yang sulit mengkondisikan diri untuk survive.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut ini adalah tips supaya liburan senang, dompet tetap aman. Simak, yuk!

  1. Ketahui what kind of traveler are you?

Pertama, intinya tahu diri sendiri. Ketahui kita ini tipe pelancong yang ingin sesuai budget atau fasilitas. Tentu, hal ini dilakukan supaya tahu jenis penginapan seperti apa yang harus dicari, dan juga tempat atraksi jenis apa yang ingin dikunjungi.

Akan mudah untuk menentukan ini ketika kita liburan sendiri atau solo traveling. Akan tetapi, kalau kita memiliki travel partner harus disesuaikan juga tipe travel partner kita itu. Supaya bisa masing-masing menyesuaikan diri dan akan mudah untuk membuat alokasi dana sejak awal.

Kalau ternyata sejak awal sudah terlihat bahwa travel partner kita memiliki budget lebih banyak dan memiliki itinerary yang 50% berbeda dengan itinerary kita, sebaiknya tidak dilanjutkan sejak awal jika sulit menentukan kesepakatan untuk menyesuaikan itinerary bersama.

2 . Pastikan destinasi liburan

Menentukan destinasi sejak awal akan sangat memengaruhi alokasi dana selama perjalanan. Jika kita berencana untuk mengunjungi kota besar seperti Tokyo atau New York, tentu harus mengakali pengeluaran misalnya mencari penginapan di pinggiran kota yang lebih murah. Ini juga harus dibarengi dengan keseimbangan biaya transportasi dari penginapan ke tempat-tempat atraksi yang akan dikunjungi.

Memastikan destinasi liburan juga bisa memudahkan kita untuk mengunjungi negara tetangga dalam jangka waktu yang berdekatan. Jadi bisa mempertimbangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan di setiap negara yang dikunjungi.

3 . Tentukan transportasi selama perjalanan

Nah, inilah yang paling harus diperhatikan. Transportasi bisa dibilang merupakan penguras dana yang cukup besar, karenanya penting untuk merencanakan secara matang jenis transportasi apa yang ingin digunakan.

Misalnya, saat berada di Amsterdam dan berencana untuk melanjutkan perjalanan ke Paris. Akan sangat menghemat biaya jika menggunakan kereta malam daripada menggunakan pesawat. Saat melakukan perjalanan tengah malam lalu sampai tujuan di pagi hari tentu kita bisa tidur di atas kereta dan tidak perlu menyewa penginapan hari itu.

Namun, teknik ini tidak bisa digunakan apabila kamu memiliki waktu yang sempit saat liburan. Dengan contoh kasus di atas, lebih baik jika kita menggunakan pesawat dan bisa mengunjungi beberapa destinasi dalam satu hari.

Cara mengakali agar budget tetap ramah di kantong, coba untuk sering-sering melihat jadwal pesawat di Reservasi.com. Dengan begitu, kamu akan terus ter-update dan kemungkinan besar masih banyak kesempatan untuk booking tiket promo yang ada.

  1. Gunakan kesempatan promo

Jangan pernah melewatkan kesempatan promo yang didapatkan. Banyak sekali penawaran semacam diskon tiket pesawat hingga hotel untuk menginap. Jangan remehkan kekuatan promo karena ini benar-benar bisa membantu kita para budget traveler.

Menggunakan kesempatan promo ini akan dapat memberikan ruang yang lebih luas untuk alokasi dana yang lain. Karena itu, sering-seringlah melihat update maskapai atau hotel yang akan digunakan.

  1. Lewatkan agenda belanja

Tidak perlu membeli setiap barang khas dari setiap destinasi yang dikunjungi. Cukup cerita pengalaman dan gambar apik yang berhasil tertangkap kamera yang menjadi oleh-oleh kita selama liburan. Sebagai seorang budget traveler, kita sudah semestinya bijaksana dalam mengatur pengeluaran, hal ini tentunya berhubungan sekali dengan permasalahan buah tangan. Namun, apabila memang ingin membeli sesuatu, beli yang sifatnya jangka panjang dan memang sangat berkesan yang akan mengingatkan kita pada perjalanan.

Dari penjelasan di atas, sudah pasti kita harus mengucapkan selamat tinggal pada tas dan sepatu bermerk ternama yang bisa langsung menguras dompet kita. Ingat, ini adalah perjalanan budget traveling, kita selalu bisa kok menabung lagi untuk kemudian merencanakan perjalanan liburan ala jet-set!

Perencanaan dana yang matang sangat penting sebelum melakukan liburan. Apalagi saat menjadi seorang budget traveler yang memang berbeda tipis dengan backpacker. Jangan sampai pulang berlibur malahan stres memikirkan tagihan yang tercipta selama dalam perjalanan.