September 30, 2020

4 Pengetahuan yang Penting agar Program Hamil Berhasil

Ketika Anda dan pasangan sedang melakukan program hamil maka untuk mendapatkan tingkat keberhasilan yang tinggi harus memiliki pengetahuan. Pengetahuan yang dibutuhkan untuk mendukung program yang sedang dijalankan. Berikut ini pengetahuan yang harus Anda dan pasangan miliki.

  1. Pengetahuan Tentang Dasar Kehamilan

Anda perlu memiliki pengetahuan tentang dasar kehamilan dalam menjalankan program untuk bisa cepat hamil. Pengetahuan dasar kehamilan ini yaitu tentang reproduksi Anda dan pasangan, menstruasi, dan juga ovulasi. Pengetahuan akan hal ini akan membuat Anda memahami bagaimana untuk menyiapkan diri agar proses pembuahan dapat berhasil.

Seperti pengetahuan tentang ovulasi yang jelas akan sangat membantu Anda yaitu dengan mengetahui kapan waktu ovulasi akan terjadi. Akhirnya Anda juga akan mengetahui kapan masa subur Anda untuk siap dibuahi. Adapun waktu ovulasi akan terjadi pada hari ke 14 setelah siklus menstruasi Anda setiap bulannya.

  1. Pengetahuan Tentang Terjadinya Pembuahan

Anda harus mengetahui bahwa pembuahan terjadi saat sel telur keluar dari indung telur pada hari ke 14 dari siklus menstruasi. Sel telur akan bertahan di tuba falopi selama 24 jam dan sperma mampu bertahan lebih lama yaitu 48-72 ham di dalam uterus.

Anda sebaiknya melakukan hubungan pada waktu masa subur sehingga memiliki keberhasilan pembuahan lebih tinggi. Proses pembuahan perlu Anda ketahui hanya akan terjadi jika sel sperma dapat membuahi sel telur dan mempertahankannya.

  1. Pengetahuan Tentang Vitamin

Selama menjalankan program hamil Anda harus memiliki pengetahuan tentang vitamin yang dapat meningkatkan kesuburan. Vitamin yang akan membantu kesuburan adalah vitamin dengan kandungan asam folat yang tinggi. Jenis vitamin ini yaitu vitamin C, D, dan E. Asam folat ini memiliki fungsi untuk meningkatkan cairan semen pada sperma sebagai penentu kualitas sperma.

Vitamin C memiliki fungsi untuk meningkatkan kualitas sperma pasangan Anda. Vitamin D memiliki fungsi pada kesuburan Anda untuk dapat memiliki persediaan sel telur yang terpenuhi dengan baik. Memenuhi kebutuhan vitamin D akan membuat kadar hormon progesteron dan estrogen terpenuhi sehingga masa subur Anda juga akan berjalan sesuai dengan jadwal.

  1. Pengetahuan Frekuensi Hubungan Seksual

Anda perlu mengetahui bahwa frekuensi hubungan seksual yang dilakukan akan mempengaruhi program yang sedang dijalankan. Jika terlalu sering melakukan hubungan seksual akan berdampak buruk bagi kesehatan terutama pada sistem reproduksi. Anda harus mengatur jadwal sesuai dengan masa subur setiap periodenya agar mendapatkan keberhasilan dalam program.

Anda bisa terlebih dahulu mengetahui tentang 4 pengetahuan ini sebelum menjalankan program hamil. Jika Anda kebingungan untuk mengetahui masa subur maka bisa meminta bantuan dari tenaga medis seperti dokter atau pun bidan untuk dapat mengetahuinya. Anda harus mengikuti setiap jadwal dalam melakukan hubungan intim sehingga frekuensinya tepat dan dapat berhasil.